Selasa, 14 Maret 2017

TUGAS TERSTRUKTUR PERTEMUAN 6 & 7

TUGAS TERSTRUKTUR PERTEMUAN 6 & 7

Faizal, 2010, mendefinisikan Alat Peraga Pendidikan sebagai instrument audio maupun visual yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan membangkitkan minat siswa dalam mendalami suatu materi.
Sumad, 1972,   mengemukakan bahwa alat peraga  adalah alat untuk memberikan pelajaran atau yang dapat diamati melalui panca indera. Alat peraga merupakan salah satu dari media pendidikan adalah alat untuk membantu proses belajar mengajar agar proses komunikasi dapat berhasil dengan baik dan efektif.

Dari uraian-uraian di atas jelaslah bahwa pengertian alat peraga pendidikan adalah merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa.

TUJUAN DAN MANAFAAT ALAT PERAGA PENDIDIKAN
Berikut ini beberapa tujuan dan manfaat alat peraga disebutkan sebagai berikut:
1.      Alat peraga pendidikan  bertujuan agar proses pendidikan lebih efektif dengan jalan meningkatkan semangat belajar siswa,
2.      Alat peraga pendidikan  memungkinkan lebih sesuai dengan perorangan, dimana para siswa belajar dengan banyak kemungkinan sehingga belajar berlangsung sangat menyenangkan bagi masing-masing individu,
3.      Alat peraga pendidikan memiliki manfaat agar belajar lebih cepat segera bersesuaian antara kelas dan diluar kelas, (d) alat peraga memungkinkan mengajar lebih sistematis dan teratur.
Secara ringkas, Proses pembelajaran memerlukan media yang penggunaannya diintegrasikan dengan tujuan dan isi atau materi pelajaran yang dimaksudkan untuk mengoptimalkan pencapaian suatu tujuan pengajaran yang telah ditetapkan. Fungsi media pendidikan atau alat peraga pendidikan dimaksudkan agar komunikasi antara guru dan siswa dalam hal penyampaian pesan, siswa lebih memahami dan mengerti tentang konsep abstrak kimia yang diinformasikan kepadanya. Siswa yang diajar lebih mudah memahami materi pelajaran jika ditunjang dengan alat peraga pendidikan.


Berikut adalah hasil video alat peraga dengan memanfaatkan bahan bekas untuk kegiatan kimia jenjang SMP.

13 komentar:

  1. Bagaimana jika alat peraga yang anda gunakan kurang bisa diterima oleh siswa, apa tanggapn yang anda lakukan dalam hal ini.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kembali mensosialisasikan alat peraga tersebut dan melakukan penyempurnaan dalam bentuk atau pun bentuk dari alat peraga tersebut. selain itu alat peraga itu dibuat semenarik mungkin sehingga akan memancing rasa ingin tahu sisswa untuk tahu dan belajar.

      Hapus
  2. Assalamualaikum,
    Disini saya ingin sedikit bertanya, apakah media yang anda gunakan ini dapat membantu ataupun menjawab dari kesulitan dari materi kimia tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tentu saja dapat membantu dalam penyampaaan materi dimana ada saat penyampaian lebih mudah dan praktis. dimana kembali kepengertian dari alat peraga itu sendiri sebagai alat bantu.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. hai sri wahyungsih, adakah kendala yang anda hadapi dlaam mebuat media yang anda posting diatas ? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya rasa kendala yang dihadapi tidak ada karena telah ada persiapan yang matang pada saat pembuatan media ini .

      Hapus
  5. bagaimana jika suatu alat peraga yang kita pilih atau digunakan membuat siswa bingung dan sulit memahami materi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yakni dengan memberikan penjelasan dibarengi dengan penggunaan alat peraga sehingga siswa dapat memahami materi dengan alat bantu peraga atau pun suatu media pada saat proses belajar mengajar berlangsung.

      Hapus
  6. assalamualaikum wr wb ..saya ingin bertanya, adakah media yang lain yang dapat kita gunakan selian yang anda gunakan diatas ? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam, media lain yang bisa digunakan tentunya masih banyak lagi selagi media tersebut membangtu pada saat penyampaiaan materi saat proses pembelajaran berlangsung. contoh media yag lain adalah prezy, mindmapping, blog dan lainnya.

      Hapus
  7. Assalamualaikum. Saya ingin bertanya, bagaimana jika murid tidak memahami materi dari media yang kita sampaikan ?

    BalasHapus
  8. yakni dengan kembali melakukan analisis materi dan menyempurnakan media yang kita pakai serta lebih melakukan penekan mengenai pemahaman siswa pada tujuan yang akan dicapai .

    BalasHapus