Selasa, 14 Maret 2017

PRESENTASE E-LEARNING KIMIA HASIL PENGEMBANGAN

PRESENTASE E-LEARNING KIMIA HASIL PENGEMBANGAN

Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar (pendidikan) berbasis TI menjadi tidak terelakkan lagi. Tempat dan jarak yang dulu memisahkan sekarang makin tidak terasa dampaknya. Kemajuan internet pun mempengaruhi hampir setiap kegiatan operasional di organisasi masyarakat. Segala kegiatan mutakhir tersebut menjajikan efeektifitas dan efesiensi yang menakjubkan. Fenomena tersebut menyentuh dunia pendidikan dan pelatihan dengan lahirnya metode elearning. E-learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. Hal senada juga diungkapkan Som Naidu (2006) yang mendefinisikan e-learning sebagai penggunaan secara sengaja jaringan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses belajar dan mengajar. Istilah lain yang mengacu pada hal yang sama, yaitu online learning atau web based learning. Dengan elearning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas.
Edmodo adalah platform media sosial yang sering digambarkan sebagai Facebook untuk sekolah dan dapat berfungsi lebih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan. “Edmodo merupakan aplikasi yang menarik bagi guru dan siswa dengan elemen sosial yang menyerupai Facebook, tapi sesungguhnya ada nilai lebih besar dalam aplikasi edukasi berbasis jejaring sosial ini” (Basori, 2013). Edmodo sangat komprehensif sebagai sebuah course management system seperti layaknya Moodle, dengan interface yang menyerupai facebook yang merupakan media sosial popular saat ini, penguna tidak akan merasa asing bahkan akan merasa mudah untuk menggunakannya. Edmodo dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk semua bidang studi yang tidak menggunakan aktivitas dan pengamatan secara langsung.
Pada presentasi E-Learning kimia hasil pengembangan kelompok kami menggunakan aplikasi edmodo yang dapat di download di handphone dan dapat di akses pada situs http://edmodo.com




Pada pengembangan E-Learning kimia pilihan yang tersedia pada aplikasi edmodo adalah sebagai guru, siswa, dan juga orangtua. Namun pada pengembangan E-Learning yang kelompok kami terapkan saya sebagai siswa.


21 komentar:

  1. Kenapa anda lebih memilih aplikasi untuk presentasi elearning? Kenapa tidak secara tatap muka?? Apa kelebihan dari aplikasi yg anda gunakan besrta kerugiannya.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kelebihan :
      a. Tersedianya fasilitas e-moderating dimana pengajar dan siswa dapat berkomunikasi secara mudah melalui fasilitas internet secara reguler atau kapan saja kegiatan berkomunikasi itu dilakukan tanpa dibatasi oleh jarak, tempat, dan waktu.

      b. Pengajar dan siswa dapat menggunakan bahan ajar yang terstruktur dan terjadwal melalui internet.

      c. Siswa dapat belajar (me-review) bahan ajar setiap saat dan dimana saja apabila diperlukan mengingat bahan ajar tersimpan di komputer.

      d. Bila siswa memerlukan tambahan informasi yang berkaitan dengan bahan yang dipelajarinya, ia dapat melakukan akses di internet.

      f. Baik pengajar maupun siswa dapat melakukan diskusi melalui internet yang dapat diikuti dengan jumlah peserta yang banyak.

      g. Berubahnya peran siswa dari yang pasif menjadi aktif.

      kekurangan, yaitu sebagai berikut:

      a. Kurangnya interaksi antara pengajar dan siswa atau bahkan antara siswa itu sendiri, bisa memperlambat terbentuknya values dalam proses belajar mengajar.

      b. Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya mendorong aspek bisnis atau komersial.

      c. Proses belajar dan mengajarnya cenderung ke arah pelatihan dari pada pendidikan.

      d. Berubahnya peran guru dari yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional, kini dituntut untuk menguasai teknik pembelajaran dengan menggunakan ICT (Information Communication Technology).

      e. Siswa yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi cenderung gagal.

      f. Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet (berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon, dan komputer).

      g. Kurangnya mereka yang mengetahui dan memiliki keterampilan soal-soal internet.

      h. Kurangnya penguasaan bahasa komputer.

      Hapus
  2. apa keuntungan kita sebagai guru menggunakan metode pembelajaran berbasis e-learning?

    BalasHapus
    Balasan
    1. a. Tersedianya fasilitas e-moderating dimana pengajar dan siswa dapat berkomunikasi secara mudah melalui fasilitas internet secara reguler atau kapan saja kegiatan berkomunikasi itu dilakukan tanpa dibatasi oleh jarak, tempat, dan waktu.

      b. Pengajar dan siswa dapat menggunakan bahan ajar yang terstruktur dan terjadwal melalui internet.

      c. Siswa dapat belajar (me-review) bahan ajar setiap saat dan dimana saja apabila diperlukan mengingat bahan ajar tersimpan di komputer.

      d. Bila siswa memerlukan tambahan informasi yang berkaitan dengan bahan yang dipelajarinya, ia dapat melakukan akses di internet.

      f. Baik pengajar maupun siswa dapat melakukan diskusi melalui internet yang dapat diikuti dengan jumlah peserta yang banyak.

      g. Berubahnya peran siswa dari yang pasif menjadi aktif.

      Hapus
  3. disamping keuntungan ataupun kelebihan serta kemudahan yang akan dirasakan oleh guru dan siswanya, tentunya ada kerugian dan kendala yang akan dihadapi, jadi mohon anda jelaskan mengenai hal tersebut!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kerugian serta kendalanya :
      1. Social Media. Edmodo tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun, seperti facebook, twitter atau google plus. Padahal pada saat sekarang ini, hampir setiap website terintegrasi dengan media sosial supaya penggunanya dapat berbagi (sharing). Lagipula orang Indonesia lebih familiar mengetikkan kata facebook.com ketimbang edmodo.com
      2. Languange. Penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa.
      3. Video Conference belum tersedia. Hal ini cukup penting untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas

      Hapus
  4. hai sri wahyungsih, saya ingin bertanya coba jelaskan langkah pembelajaran pada edmodo? terimkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin menjawab pertanyaan dari saudari linda, dimana langkah dari pembelajaran pada edmodo itu menggunakan sistem e-learning yang harus menghubungkannya dengan jaringan internet. jadi jika tidak ada internet maka proses belajar dalam edmodo ini tidak akan berlangsung. terima kasih.

      Hapus
    2. baik terimakasih atas jawaban yang ismi berikan , saya setuju dengan apa yang ismi telah sampaikan megenai langkah pada pembelajaran dengan menggunakan media edmodoo

      Hapus
  5. Saya ingin bertanya.. Apakah penggunaan aplikasi ini sudah banyak di terapkan dalam proses pembelajaran di sekolah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. penggunan aplikasi ini telah banyak digunnakan disekolah -sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang baik teruama disekolah-sekolah favorrit di kota, untuk sekolah yang jauh dari perkotaan applikasi ini hanya disosialisasikan saja

      Hapus
  6. Saya ingin bertanya.. Apakah penggunaan aplikasi ini sudah banyak di terapkan dalam proses pembelajaran di sekolah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. penggunan aplikasi ini telah banyak digunnakan disekolah -sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang baik teruama disekolah-sekolah favorrit di kota, untuk sekolah yang jauh dari perkotaan applikasi ini hanya disosialisasikan saja .

      Hapus
  7. saya ingin menambahkan mengenai kekurangan media e-learning tersebut diantaranya :
    a. Kurangnya interaksi antara pengajar dan siswa atau bahkan antara siswa itu sendiri, bisa memperlambat terbentuknya values dalam proses belajar mengajar.

    b. Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya mendorong aspek bisnis atau komersial.

    c. Proses belajar dan mengajarnya cenderung ke arah pelatihan dari pada pendidikan.

    d. Berubahnya peran guru dari yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional, kini dituntut untuk menguasai teknik pembelajaran dengan menggunakan ICT (Information Communication Technology).
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas penambahan jawban saudara masbun :)

      Hapus
  8. assalmmualikum saya ingin menambahan sedikit pada e-learning ini kita tidak bisa menguasai materi dan yang ada melainkan membuat siswa tambah bingung terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam , terimakasih atas penambahanyang saudari berikan

      Hapus
  9. Assalamualaikum. Saya ingin menambahkan. Media yang digunakan ini sangat bermanfaat untuk pembelajaran interaktif dengan daerah yang memiliki sarana yang baik dan koneksi internet yamg baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam, sebelumnya saya ucapkan terimakasih telah berkunjung di blog saya dan juga penambahan materi yang ada berikan pada postingan ini, makasih

      Hapus
  10. asslamualikum saya ingin bertanya apa kendala yang sering dihadapi dalam menggunakn media ini? apakah ada media lain yang serupa yang dapat menggantikan media ini?

    BalasHapus
  11. kendala yang dihadapi adalah koneksi internet dan juga ketersedian dari perangkat keras ataupun komputer dan laptop yangbelum memadai untuk semua sekolah , hanya di beberapa sekolah saja yang bisa di terapkan dengan digunakannya media ini, saya kira masih banyak media lain yangbisa digunkan salah satunya itu blog seperti sekarang yang tengah kita pakai untuk melakukan diskusi non tatap muka, terimakasih

    BalasHapus